19 Agustus 2009

Antam Rayakan HUT Ke 41 dengan Sederhana















PAMILUDDIN ABDULLAH
UBP NIKEL - POMALAA

Krisis global yang melanda dunia usaha, bahkan hampir seluruh negeri yang ada di dunia ini merasakan imbas krisis tersebut, sehingga banyak dunia usaha yang harus tidur sejenak, bahkan terlelap tidak bangun lagi. Semua ini adalah pertanda, bahwa keberuntungan tidak selamanya kita dapatkan. Krisis ini mungkin mengingatkan kepada semua dunia usaha, pemerintah, masyarakat bahwa segala sesuatu ada pasang surutnya.
Demikian juga PT Antam Tbk, diingatkan bahwa apa yang telah capai tahun sebelumnya, berupa keuntungan yang begitu tinggi agar tidak membuat karyawan lenga dan berpoya-poya.

Mungkin fenomena itu yang membuat PT. Antam Tbk terinspirasi untuk merayakan HUTnya yang ke 41 dengan sederhana. Betapa tidak, tahun-tahun sebelumnya, panitia masih menyuguhkan hiburan bagi masyarakat Kabupaten Kolaka, khususnya masyarakat sekitar wilayah operasi tambang dengan artis Ibu Kota.
Harapan itu tentu tak terpenuhi lagi, hiburan rakyat pada malam hari tidak terlihat lagi, lantunan lagu tak terdengarkan, apalagi kumpulan orang yang biasa memadati Patepo untuk melihat artis Ibu Kota sudah sepi saat itu. Namun siang harinya setelah apel karyawan panitia menampilkan parody dari karyawan Antam sendiri, dan beberapa lantunan lagu dari Mba Santi bersama Mba Cia untuk meramaikan acara. Tapi lumayan, cukup hebo dan panitia dianggap sukses.
Cukup memprihatinkan, kalau kita mendengarkan sambutan direksi bahwa tahun 2009, di kuartal pertama pendapatan Antam baru tercatat Rp 2,6 Triliun dengan laba bersih Rp90 Miliar. Ini semua dampak dari krisis financial global. Hal ini berpengaruh pada permintaan dan harga komoditas mineral khususnya NIkel. Dan hal ini tentunya sangat berbeda dengan kondisi tahun 2007. Saat perusahaan berhasil mencatat rekor pendapatan dan laba bersih tertinggi sepanjang sejarah Antam.Tentu kondisi seperti ini, membuat kita prihatin dan terpanggil untuk senantiasa melakukan efisiensi di tengah krisis yang melanda dunia usaha, khusunya nikel. Harapan kita sebagai pegawai, agar kondisi seperti ini cepat berlalu untuk berganti yang lebih baik.
Menurut Direktur Utama dalam sambutannya, yang dibacakan oleh Direktur SDM Ir. Ahmad Ardianto, bahwa pendapatan perusahaan tahun 2007 lalu tercatat sebesar Rp12 Triliun, dengan laba bersih sebesar Rp. 5,1Triliun. “Hal ini mulai menurun di tahun 2008 dengan pendapatan perusahaan menjadi Rp. 9 Triliun dan laba bersih sebsar Rp1,3 Triliun”, jelasnya.
Menurutnya, meski dampak dari financial global tersebut juga berpengaruh hampir seluruh perusahaan di dunia, namun bagi Antam khususnya, hal ini kembali mengingatkan mengenai keberlanjutan bisnis perusahaan.
“Dalam masa sulit seperti saat ini, yang perlu terus ditingkatkan adalah melakukan upaya efisiensi dengan sebaik-baiknya dan senantiasa terus mengupayakan untuk menekan dan mengurangi biaya-biaya yang tidak perlu dalam semua hal”, tegas Dirut. “Namun saya yakin bahwa kita akan dapat menghadapi tantangan ini dengan baik,” tambahnya.
“Untuk itu optimasi pabrik Feronilkel III yang sementara berjalan saat ini, agar dapat berjalan dengan baik, sehingga pada saat harga komoditas sudah kembali naik, pabrik feronikel kita dapat berproduksi secara maksimal”, tegasnya.
Demikian juga dalam sambutan Senior VP Ir. Tedy Badrujaman, MM, mengatakan bahwa Optimasi Furnace III sementara berlangsung, dimana pengerjaannya lebih banyak dilakukan oleh Putra terbaik PT Antam Tbk sendiri. Untuk itu dukungan moral serta do’a restu seluruh pegawai dan keluarganya sangat diharapkan.
Walau Antam dalam kondisi krisis, namun masih memperoleh pengakuan dari pihak Eksternal atas kinerjanya, seperti majalah Finance Asia dalam Asia’s Best Companies 2009 yang telah menobatkan Antam sebagai Best Managed Company (Peringkat 3), Best Corporate Governance (Peringkat 3), dan Best Investor Relations (Peringkat 5), diantara perusahaan public di Indonesia.
Namun sebelumnya, dari sisi Good Corporate Governance, Antam juga meraih predikat Best GCG Overall 2009 pada ajang Indonesian Good Corporate Governance (GCG) Award oleh Indonesian Institute For Corporate Direktorship (ICCD) yang diselenggarakan pada tanggal 1 Mei 2009 di Bali.
Direksi berharap agar penghargaan ini, menjadi cambuk bagi kita untuk tidak hanya dapat mempertahankan apa yang telah diraih selama ini, melainkan juga sebagai pemacu untuk terus bekerja sama, saling terbuka dan saling menghargai untuk menyukseskan implementasi GCG Antam, sehingga penerapannya dapat berjalan secara penuh, konsisten, dan berkelanjutan.
Berbicara mengenai penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance, selama ini Antam telah dikenal sebagai salah satu perusahaan yang menjadi pionir di bidang tersebut. “Untuk itu penerapan prinsip-pinsip Good Corporate Governance selama ini, Antam di kenal sebagai salah satu prusahaan yang menjadi pionir di bidang tersebut,’’puji direksi.
Pada acara yang sama Bupati Kolaka dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati H. Amir Sahaka, S.Pd,. M.Si mengatakan bahwa walaupun krisis global berdampak pada PT Antam Tbk, namun pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kolaka tetap mengharapkan agar kepedulian Antam tetap dilanjutkan. “Kami berharap agar komitmennya dalam ikut melaksanakan pembangunan daerah terutama dengan peran aktifnya dalam ikut serta mensukseskan program Gerbangmastra, tetap berlanjut”, harap Amir Sahaka.
Pada apel karyawan dalam rangka HUT ke 41 tersebut, juga dilakukan louncing atribut dan nilai-nilai kepemimpinan Antam, yaitu BEST, PIONNER dan SENSE.

3 komentar:

Harmonikel Online mengatakan...

Di Ulang Tahunnya yang ke-41 ini, Semoga Antam Tetap dapat memberikan kontribusi bagi daerah Kolaka dan negara Indonesia. Amin

David Sapan mengatakan...

Selamat UlTah Buat ANTAM yg ke 41...semoga makin Jaya......salam hangat dari kami yang lagi di Bandung...

Anonim mengatakan...

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa di bulan suci Ramadhan 1430 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin semoga Ramadhan tahun ini derajat keimanan kita lebih ditingkatkan lagi.... Amin.

 

©2009 Harmonikel Online Free Blogger Templates by TNB Entertainment Show One Tree Hill at Watch One Tree Hill Online and TV Shows.