19 Agustus 2009

Kemenangan Bukanlah Suatu Tujuan Dalam IFRC














PAMILUDDIN ABDULLAH
UBP NIKEL - POMALAA

Emergency Respon Team ( ERG ) PT Antam Tbk. UBP Nikel ikut serta dalam Indonesian Fire and Rescue Challange (IFRC) di Batu Hijau, Nusa Tenggara Barat. IFRC ini berlangsung selama delapan hari, mulai tanggal 21 hingga 28 Juli 2009, yang diikuti kurang lebih 200 orang dari 19 team perusahaan Pertambangan Umum, BP Migas, Energi dan Industri, baik nasional maupun internasional.
PT Newmont Nusa Tenggara, Batu Hijau mendapat kepercayaan yang kedua kali dari Board of Directors IFRC sebagai tuan rumah. Dimana sebelumnya pada tahun 2001 juga menjadi tuan rumah penyelenggaraan IFRC.
Menurut Ahmad Munandar selaku kapten pada tim IFRC Antam UBP Nikel, bahwa perjalanan kali ini cukup melelahkan, namun tim tetap semangat berkat support Senior VP Ir. H. Tedy Badrujaman, MM.
Pada pelepasan peserta IFRC SVP mengatakan, seperti yang dikutip Ahmad Munandar, “Tim Harus tetap semangat, percaya diri dan petik ilmu sebanyak-banyaknya”, kutip Munandar. Lanjutnya “pesan beliaulah yang menjadi support tim, sehingga kami tetap semangat”, ujarnya.
Peserta Lomba IFRC dilepas oleh SVP Ir. H. Tedy Badrujaman, MM., VP Sultra Operations Ir. Ajab Taofik Hidayat, MM., VP Finance H. Herman, SE., dan DSVP Mining Operation Ir. H. Dadang Praptomo.
Pada lomba IFRC kali ini untuk “The Most Favorit Team” PT Antam UBP Nikel sebagai juara II. Personil Tim Antam Nikel berjumlah 12 orang, masing-masing Abdul Samat T, AMK, S.Ip., sebagai manajer, Indra Arista,ST,MT (Instruktur), Ahmad Munandar (Kapten), Salpinus (Co-Kapten/System ), Arman Abd. Kadir Supu (MFR), Yulyanus Pasabua (System), Markus Erin (System), Zulkifli Pariman (Rescuer), Agus Porade (MFR / lifter Tender), Kristanto Mudzakir (MFR), H .Lukman Abdulah ( Observer ) dan Arya ,ST (Observer Maluku Utara).
“Banyak pelajaran dari kegiatan kali ini yang dapat kami petik untuk diterapkan di Antam UBP Nikel”, ujar Munandar. “Dari yang sederhana sekalipun”, tambahnya.
Menurutnya dari 8 event yg dipertandingkan tentunya sebagai bahan pembelajaran kedepan bagi Team Antam Nikel untuk belajar dari Team yg lain. “Kami sangat menyadari bahwa Team Antam Nikel yang masih anak bawang di dunia rescue, sangat membutuhkan hal ini”, aku Munandar “Neck Safe Aquatic contohnya, merupakan bekal yg diberikan kepada kami agar dapat menerapkan prosedur yg sesuai ketika mealakukan pertolongan di air, serta mengutamakan tehnik Recovery Position untuk korban tidak sadar”, Jelasnya. Lanjut Munandar bahwa hal – hal yg teknis inilah yg selalu Up to Date dalam kegiatan IFRC, untuk disosialisasikan agar mengevakuasi korban di lapangan lebih Safety untuk penolong maupun korban, agar tidak menimbulkan atau menambah cedera.
Bagi Munandar bahwa yang terpenting dari IFRC ini adalah terjalinnya silaturahmi dan saling tukar informasi dan pengalaman antar Rescuer dan Fire Fighther yang berasal dari berbagai perusahaan di Indonesia.
“Kemenangan bukanlah suatu tujuan dalam IFRC ini, tetapi bagaimana menerapkan pengalaman yang telah diperoleh tersebut di perusahaan tempat bekerja dan untuk masyarakat sekitarnya”, Ucapnya dengan penuh semangat.
Sementara manager TIM Abdul Samad mengatakan bahwa, kesan yang didapatkan pada kegiatan IFRC ke 12 kali ini, adalah luar biasa, karena selain lingkungan kegiatan yang cukup menarik juga ditunjang berbagai kegiatan yang tak kalah pulah menariknya.

Tidak ada komentar:

 

©2009 Harmonikel Online Free Blogger Templates by TNB Entertainment Show One Tree Hill at Watch One Tree Hill Online and TV Shows.