19 Agustus 2009

Antam Konsisten Dukung Bedah Kecamatan













PAMILUDDIN ABDULLAH
UBP NIKEL - POMALAA

CSR bukanlah sekedar symbol atau slogan semata bagi PT Antam Tbk. tapi hal itu merupakan bentuk keseriusan dan komitmen perusahaan, agar keberadaannya dapat dirasakan maanfaatnya oleh masyarakat sekitar.
Bahkan PT Antam Tbk. telah membentuk direktorat khusus yang menangani Corporate Social Responsibility, yang dinahkodai oleh Ir. H. Deny Maulasa, MM.
Kontribusi CSR PT Antam Tbk. dapat dirasakan oleh banyak orang, bahkan jauh sebelum CSR atau Comdev dikenal, kontribusi sosial sudah banyak dilakukan.
Tidak dapat disangkali, bahwa sejak Antam beroperasi, khususnya di Kabupaten Kolaka, telah banyak berpartisifasi dalam menunjang kegiatan pembangunan daerah. Tentu bantuan tersebut di luar dari pajak, royalty atau kewajiban lain yang mesti dilaksanakan.
Seperti yang telah dilakukan dibeberapa kecamatan lingkup Kabupaten Kolaka, sebagai wujud dukungan atas program Pemerintah Kabupaten, berupa bedah kecamatan, maka PT Antam Tbk. tetap konsisten dalam mendukung program yang mulia tersebut.
Keseriusan PT Antam untuk menyukseskan Program Gerbang Mastra dalam rangka menyongsong Kolaka Emas 2010 begitu besar. Hal itu dapat kita lihat tingginya perhatian perusahaan plat merah ini dalam penerapan CSR-nya.
Hal itu dapat dilihat saat Bedah Kecamatan di mana perusahaan ini beroperasi (Pomalaa-red), telah menghabiskan dana kurang lebih Rp 6 milyar untuk mendukung program tersebut.
Dana yang cukup tinggi itu, di alokasikan untuk partisipasi di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan maupun infrastruktur yang ada kecamatan. Manager Comdev PT Antam Tbk. UBP Nikel, Sapruddin Iskandar Alam mengatakan, bahwa bantuan itu sebagai bentuk kepedulian dalam mendukung program bedah kecamatan Pemkab Kolaka.
Menurutnya, bahwa telah memberikan bantuan paket sekolah SD berupa tas dan alat tulis sebanyak 3.300 paket, siswa kurang mampu dan panti asuhan 241 pasang seragam sekolah, buku perpustakaan untuk 14 SD/MI sebanyak 2.100 buah.
Selain itu, juga diberikan bantuan paket Information and Communication Technologi (ICT) Jardiknas, bantuan computer sebanyak 9 unit, pembangunan SD terapung dan ruang belajar SD hakatutobu.
Untuk bidang kesehatan, kelenglengkapan posyandu berupa timbangan bayi 20 unit, rusban periksa, timbangan berdiri dan stranmetor. Pelayanan kesehatan berupa operasi Katarak.THT dan tubektoni atau Sterilisasi, juga tidak luput. Begitupun untuk bidang ekonomi berupa bantuan pupuk organic kepada 30 petani demplot pola system of rice intensification (SRI) pada 5 desa se Kecamatan Pomalaa, dukungan peralatan sosrok untuk 125 petani, dana bergulir untuk permodalan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM).
Adapun bidang infrastruktur berupa rehab panggung terbuka Dawi-Dawi, rehab panggung terbuka lapangan manunggal, rehab gedung pertemuan kecamatan Pomala, jalan usaha tani di desa Totobo, bedah rumah sehat sebanyak 22 rumah, pembuatan MCK di Dawi-Dawi, sumur umum di Tambea, penyelesaian kantor UPTD Diknas Kecamatan Pomalaa pemasangan bronjong di 5 titik sungai Hoko-Huko dan operasionalisasi Rumah Belajar Masyarakat (RBM).
Vice President HR & GA dr. Guntur Tjora, MMK, AAK, mengatakan bahwa apa yang telah kami lakukan semata-mata untuk mendukung program pemerintah yang merupakan penerapan CSR kami. “Kami ingin berbuat lebih banyak, namun keterbatasan kemampuan”, ujarnya.
Menyinggung keterlibatan PT Antam Tbk dalam Bedah Kecamatan, SVP Ir. H. Tedy Badrujaman, MM, mengatakan bahwa Bedah Kecamatan sangat sejalan dengan program CSR kita. Olehnya itu model seperti itu kita tetap ikut bergabung Bupati setiap bedah kecamatan. “Namun kita tidak bisa menginap karena kesibukan, tapi pembukaan dan penutupan kita pasti hadir”, tegasnya.

Tidak ada komentar:

 

©2009 Harmonikel Online Free Blogger Templates by TNB Entertainment Show One Tree Hill at Watch One Tree Hill Online and TV Shows.